SOCIAL MEDIA

Sunday, November 20, 2016

Play Date di Alun-Alun Bandung


Beberapa hari yang lalu saya dicolek Teh Wiwik (PJ. Rumah Belajar Play Date Institut Ibu Profesional) di instagram. Terpampang cantik poster play date dengan biaya murah meriah. Cukup 10 ribu saja per anak.

Oh no! Jauh-jauh hari di hari yang sama ada kopdar Kumpulan Emak Blogger Bandung juga. Kekejar enggak yah? Play date dari jam 07.15-09.00 WIB, sementara kopdar jam 10.00 WIB. Mikir jaraknya sih. Tapi karena mengingat menimbang anak-anak yang juga butuh event-event semacam play date ini, akhirnya saya putuskan untuk ikutan play date. Kopdar liat sikond nanti.

Pagi di hari H Alhamdulillah enggak ada penghalang yang berarti. Anak-anak bangun sendiri dan setelah sarapan segelas susu dan buah pisang, mereka pun cus dimandiin abi. Beres jam 7an kami pun menuju Alun-Alun. Di tengah perjalanan saya mulai nyuapin kakak sama uni, biar nanti pas main ada bensinnya.

Sampai di Alun-Alun sekitar jam 07.30, parkir di kantor pos kami pun lanjut jalan kaki ke lapangan rumput Alun-Alun. Dan taraaaa... rumputnya masih basah, hiks. Efek hujan kemarin sepertinya. Jadilah enggak nyaman dipake duduk. Tapi Alhamdulillah, enggak mengurangi sedikit pun semangat para orang tua dan anak-anak dalam mengikuti event ini. Di awali pembukaan oleh Bubu (Teh Wiwik) dan dilanjutkan read aloud oleh Kak Indra.

Kak Indra lagi mendongeng, anak-anak dan orang tua asyik mendengarkan sambil jongkok, hihi.

Setelah sesi mendongeng selesai, dilanjutkan ke kegiatan selanjutnya. Perkenalan dan senam. Ada 3 lagu asyik & seru. 1 lagu perkenalan, 2 lagi buat senam. Uni masih malu nyebutin nama, sebaliknya kakak berani, yey!

Nyanyi sambil berkenalan, trus lanjut baby shark song

Penasaran sama baby shark song? Lucu banget deh. Cekidot!



Next.... Kami mulai bermain permainan tradisional. Apa saja?


#1 Ular Naga


Kakak mesem-mesem ikut permainan ini, bahkan sampe akhir. Mungkin karena pengalaman pertama jadi malu-malu deh. Siapa yang tertangkap pertama kali di permainan ini? Uni! Dan pas uni disuruh milih merah atau pink, uni milih kuning, wkwkwk. Setelah banyak anak yang tertangkap, sisa 3 orang lalu si kakak bilang capek, hoho.. jadi enggak ikut muter-muter lagi.


#2 Tarik Tambang



Nah, 2 tim udah terbentuk. Tim merah dan tim pink. Mulai deh main tarik tambang. Awalnya pake karet gelang yang dirangkai, tapi ternyata enggak jadi. Kenapa enggak jadi ya tadi? Lupa, wakaka. Trus jadinya tarik tangan.


#3 Lompat tali karet


Main lompat tali karet enggak kalah seru. Kakak mau mencoba yang tinggi, sementara uni pas talinya udah di bawah aja, hehe.


#4 Melewati titian, lompat tangga, melempar gundu


Enggak hanya anak-anaknya yang antusias, emak-emaknya juga, hoho. Kalau bikin beginian di rumah kadang mereka enggak sesemangat ini. Tapi karena dimainin rame-rame jadilah asyik banget dan dimainin berulang kali.


#5 Bakiak berpasangan


Yang ini kakak & uni enggak ikutan. Belum cukup umur, xixi. Dan Alhamdulillah beres bakiak berpasangan, berakhir juga deh play datenya. Terimakasih Bubu & Suami, plus tim RB play date Ismi & Ranti. Asli seru banget. Ditunggu play date selanjutnya. Uni & kakak siap meramaikan. Yiihaaa! Oia sebelum pulang enggak lupa foto bareng dulu, *teteup!

Enggak lengkap karena udah ada yang pulang duluan, heu

Oia sedikit tips bermain di Alun-Alun Bandung:
  • Siapkan kantong kresek untuk menyimpan sendal, karena sendal/sepatu harus dilepas. Meski ada yang jual kreseknya, mending bawa sendiri kan.
  • Siap sedia bawa karpet plastik/anti air. Biar bisa duduk ngampar. Karena kursi cuma tersedia di sekeliling lapangan. Kalau cuaca sebelumnya bagus enggak masalah, tapi kalau habis hujan ya siap-siap deh enggak bisa duduk atau kebasahan.
  • Bawa cemilan & air minum. Walaupun banyak yang jualan makanan, ya mending bawa sendiri. Selain hemat insya Allah juga lebih sehat.
  • Bawa bola. Kalau anak-anak enggak kuat liat penjual mainan bertebaran, mending bawa dari rumah aja. Karena penjual mainan seabrek-abrek di sana. Selain bola, kalau mau bisa juga bikin balon sabun.
  • Bawa payung, hehe. Kalau panas pagi sih oke. Kalau siang, wedew. 
Semoga bermanfaat ^_^

14 comments :

  1. uuu serunyaa
    Aku kudet banget belum pernah kesini, mau ajak ioo ahh kapan-kapan

    ReplyDelete
  2. Tips nya pentiiing banget.
    Secara alun-alun ini memanas setelah jam 9.

    *sayangnya kami ga bisa ikut playdate kali ini...hiiks.

    ReplyDelete
  3. Acaranya seru ya mbak... wah anakku pasti seneng kalo diajak acara seperti ini...tapi ngga tau di tempatku ada atau enggak..

    ReplyDelete
  4. seru banget ini mba, cocok bangwt kalo ajak anak2

    ReplyDelete
  5. Seru banget, Mbak Shona mainnya. Anak-anaknya aktif gitu ^^

    ReplyDelete
  6. Inget pertama Fahmi diajak main kemari, sampai malam dia gak mau pulang, hahaha...

    ReplyDelete
  7. ALun-alun Bandung ini rame banget ya. Kalo di kotaku paling rame alun-alunnya ya hari sabtu minggu.

    ReplyDelete
  8. Alun-alunnya hareudang pisan... Tapi seneng lihat anak-anak bebas bermain

    ReplyDelete
  9. Kebayang bahagianya anak anak ya mba Shona. Kreatif juga kegiatannya. Mba, aku malah belum pernah ke taman alun-alun alun masjidl

    ReplyDelete
  10. anak2 selalu seneng ya kalo di nawa main di rumput kece ini, mijah heheh..

    ReplyDelete
  11. Aku gateeel liat ginian. Pengen bikin juga di Palopo ih. Ada RB play date nggak ya area Makassar? Huhu, mupeeeeng >,<

    Btw bajunya Kakak sama Uni kembaran ya, cantiiikkk^^

    ReplyDelete
  12. Alun-alunnya bagus ya, aku belum berkesempatan ke sana nih mbak Tempat yg must visit ini kyknya klo ke sana :D

    ReplyDelete
  13. masjid ini,, salah satu tempat di bandung yg pingin aku kunjungi..

    ReplyDelete
  14. Ngehitsss banget yaaa alon2 bandung ini

    ReplyDelete